Taman Wisata Air Wendit, Objek Wisata Legend yang Masih Eksis Hingga Kini – Konon Mulai dari Jaman Kerajaan!

Taman Wisata Air Wendit Malang sebagai favorite masyarakat Malang yang berumur beberapa ratus tahun dengan bermacam manfaatnya. Kabarnya, kolam pemandian Wendit ini jadi favorite untuk beberapa selir dan raja Majapahit untuk pelesir sekalian jalankan acara ritus. Di percaya sumber air ini mengobati penyakit, mempermudah jodoh, rejeki dan membuat tahan lama muda.

Taman Wisata Air Wendit

Nama Wendit datang dari ‘wendito’ maknanya pendeta. Menurut narasi, pendeta bersemedi di Mangliawan saat kekeringan menerpa, lalu munculah sumber air ini. Pada periode penjajahan, Wendit jadi pemandian di perlengkapi lapangan tenis seperti rimba kecil. Sekarang, Taman Wisata Air Wendit di atur BUMD Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Taman Air Wisata Wendit

Pengunjung yang tiba berwisata ke Taman Wisata ini akan di kenai ongkos ticket yang cukup terjangkau. Harga ticket sama baik hari biasa atau akhir minggu, cuma di perbedakan berdasar umur pengunjung.

  • Tiket Masuk Dewasa Weekday, Rp15.500
  • Harga Tiket Masuk Anak Weekday, Rp10.500
  • Tiket Masuk Dewasa Weekend, Rp18.500
  • Harga Tiket Masuk Anak Weekend, Rp12.500

Persyaratan bertandang ke Taman Wisata Air Wendit:

  • Membawa bukti vaksin, kartu identitas diri dan memiliki aplikasi PeduliLindungi.
  • Wajib menggunakan masker.
  • Mencuci tangan atau membawa hand sanitizer.
  • Menjaga jarak.

Jam Buka

Pengunjung dapat berekreasi ke taman wisata ini mulai pagi sampai sore hari. Taman ini di buka tiap hari. Lebih tepatnya, mulai pukul 08.00 -15.00 WIB.

Daya Tarik Taman Wisata Wendit

Wendit dipercaya telah ada dan di buat pada periode kerajaan Mataram di era X Masehi. Raja Majapahit, Prabu Hayam Wuruk berkunjung telaga untuk rekreasi sekalian ritus karena ada bangunan suci. Taman wisata ini mempunyai tipe kolam alami atau bikinan.

Kolam Alami

Taman Wisata Air Wendit – Kolam alami di pakai dari dahulu dan di percayai sebagai tempat beristirahat Raja Hayam Wuruk. Kolamnya tidak begitu dalam, airnya fresh dan jernih. Benar-benar pas untuk menyantaikan diri. Di kolam sumber air ini pelancong bisa juga berenang bersama ikan-ikan kecil yang hulu mudik.

Kolam Spa

Kolam Spa mempunyai dasar lantai dari bebatuan alam. Airnya dingin dan fresh dengan taburan bunga mawar. Kabarnya menurut narasi, dengan mandi di kolam itu memiliki manfaat membuat muka terlihat tahan lama muda.

Kolam Buatan

Kolam bikinan di buat dari sungai yang di bendung. Di sini pengunjung bisa berkeliling-keliling sekitaran telaga. Pelancong bisa sewa perahu motor memiliki 16 orang. Dan untuk dua orang ada perahu yang bisa dikayuh sendiri. Kolam ini di perlengkapi dengan beragam sarana, satu di antaranya water park.

Wahana Waterpark

Sarana waterpark Taman Wisata Air Wendit ini jadi favorite anak-anak. Ada papan seluncur air di mana pelancong dapat melaju pada lajur seluncurnya lalu landing di atas kolam. Ada pula timba air yang besar sekali dan akan tumpah setiap airnya berisi penuh.

Arena Bermain Anak

Tempat bermain untuk anak-anak sediakan ayunan, jungkat jungkit, bom-bom car, humor putar,dll. Ada sarana outbond seperti flying fox dan keliling dengan naik kuda. Disamping itu bisa juga sewa perahu dayung di situ, atau naik perahu boot.

Kera Maskot Taman Wisata Air Wendit

Hal menarik yang lain ialah kera yang disebut maskot pariwisata Taman Wisata Wendit. Kera ini dikatakan sebagai utusan kerajaan di Tengger membuat perlindungan sumber mata air Wendit.

Kera yang berada di rekreasi Wendit ialah tipe ekor panjang (macaca fascicularis). Kera-kera itu jinak dan bebas berkeliaran di rimba kecil Wendit dan menempati pohon-pohonannya. Pohon Jati dan Sonokeling yang berada di teritori itu sebagai ekosistem rimba kecil komunitas paling akhir kera ekor panjang.

Ritual Sendang Widodaren

Sepelemparan batu dari kolam, ada sebuah bangunan dengan relief Hindu. Didalamnya ada sumber air namanya Sendang Widodaren. Dan di samping sendang ada punden yang ada arca.

Di Taman Wisata Wendit ini, terutamanya di Sendang Widodaren di pakai untuk 4 ritus berlainan pada sebuah tahun. Pertama ialah Grebeg Tirto Aji yang di adakan tiap Kamis Pahing bulan Rajab. Suku Tengger 4 wilayah, yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang lakukan ritus ini. Masyarakat Tengger ambil air sendang untuk di bawa pulang supaya ladangnya panen banyak dan subur.

Ritus yang lain ialah Bersih Dusun oleh warga Dusun Mangliawan. Seterusnya, ritus Jamasan atau membersihkan keris oleh pecinta keris, dan Grebeg Suro saat 1 Suro. Taman Wisata Wendit di pandang suci karena sebagai tatap muka air dari Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Kawi.

Fasilitas

Sarana umum Taman Wisata Air Wendit yang ada telah memadai. Ada beberapa kamar ruangan tukar dan mandi. ada masjid untuk beribadah. Beberapa warung makanan banyak juga berjejer di sana.

Tempat parkir juga nyaman dan teduh di bawah rindangnya pohon-pohonan. ada pendopo, gazebo dan tempat duduk yang dapat di pakai pengunjung untuk nikmati panorama dan istirahat. Pengunjung bisa mendapat kenang-kenangan hasil kerajinan warga di tempat dan di pasarkan di sekitaran tempat.

Lokasi

Taman wisata keluarga ini ada di Jl. Raya Wendit Timur, Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154

jika kalian ingin berwisata ke Malang, sebaiknya memesan tour bromo malang murah atau tour & travel di malang

Tour Planner kami siap membantu anda.